Mengenal GSC atau Google Search Console Bersama Ilham Sadli Blogger FLP
Assalammualaikum.Wr.Wb
Hai sahabat Milda, apa kabarnya hari ini? Bagaimana kabar performa blognya. Saya harap semua juga baik-baik saja seperti kebaikan hidup yang kita terima setiap harinya. Aamiin
Tapi sejujurnya menjadi blogger itu juga repot dan perlu update ilmu dan skil juga mengenai dunia blogging. Yah, bukan cuma agar bisa membuat kehidupan blog kita bagus. Namun, sebenarnya belajar dunia blogging itu untuk membuat kita para blogger tetap bisa hidup di dala dunia blogging itu sendiri.
Nah, untuk menambah dan memenuhi kebutuhan ilmu dan wawasan di dunia blogging tersebut. Kali ini bersama Komunitas Blogger FLP ( Forum Lingkar Pena) pada setiap senin, diadakan kelas senin dengan berbagai pokok bahasan terkait dunia blogging.
Kali ini kita akan kupas seputar GSC atau Google Search Console Bersama Ilham Sadli. Sebelum sampai ke paparan materinya. Baca dulu dong biodata Ilham, biar makin kenal.
Nama lengkap : Ilham Sadli
Tempat tanggal lahir : Lombok, 8 Mei 1994
Jenis kelamin : Laki-Laki
Domisili: sekarang masih tinggal di Jember
Aktivitas sosial: - lockdown sendiri
Pekerjaan: Blogger, Tim Redakasi Majalah
No Wa : 081917445001
Hobbi : Hobi baru ngoprek html dan elementor
Motto : "Jadi bermanfaat untuk banyak orang saja sudah cukup"
Baca bagian hobinya, hahaha. La, emang itu kerjaannya. So, kita tidak salah berguru dengan beliau. OK, lanjut ya.
Kelas senin ini kebetulan saya yang pegang dan jadi moderatornya, so kita mulai aja yah. Serahin waktunya sama Ilham langsung. Ia akan segera memulai.
Kelasnya saya serahkan kepada Ilham, yuk disimak!
Oke, selamat siang semuanya, semoga sehat selalu yaa... dan masih semangat untuk bergreliya di dunia digital fil khusus blog ini.
Jadi hari ini kita diskusi soal GSC atau Google Search Console
Apa itu GSC?
Mudahnya GSC adalah alat dari Google yg bisa membantu kita memaksimalkan artikel/blog kita di hasil pencarian Google.
Google search console, salah satu tools gratis dari google yang direkomendasikan untuk digunakan oleh pemilik blog.
Untuk bisa melihat data di GSC, kita harus menambahkan blog kita ke Google Search Console.
Baik yang menggunakan blogspot atau wordpress.
Kita bisa gunakan Google Search Console (GSC) untuk berbagai hal seperti;
Diagnosa website.
Bagaimana kondisi website kita saat ini. Apakah ada error? apakah sesuai dengan pedoman dari google?
Optimasi website.
Di google search console terdapat data search query/keyword yang digunakan visitor, CTR (Click-through rate), impresi halaman, dan sebagainya. Semuanya bisa kita manfaatkan buat optimasi.
Mempercepat index artikel
dan lain sebagainya.
Fitur Utama GSC
Saat membuka dashboard GSC, kita akan melihat 3 fitur utama, yaitu:
Overview
Menampilkan data terkait perkembangan blog secara umum. Di sini kita bisa melihat jumlah klik dari hasil pencarian, coverage halaman, dan enhancement/perbaikan.
ini tampilannya,
btw ini turun karena beberapa minggu ini saya fokus ngurusin blog satunya :D
Performance
Di sini kita bisa melihat berbagai data tentang hasil pencarian blog atau artikel kita di Google.
Kita bisa melihat beberapa data lain seperti:
- Total clicks
- Total impressions
- Average CTR
- Average position
tampilannya seperti ini
Kita bisa kita lihat seberapa sering orang mengklik blog kita ketika muncul di halaman pencrian google. Selain itu kita juga bisa melihat data performa berdasarkan:
- Query/kata kunci penelusuran
- Pages/halaman artikel
- Negara
- Perangkat
- Tampilan penelusuran
- Tanggal
ada disini
atau ini
lalu ada yang namanya URL inspection
Berguna untuk mengecek indexing halaman atau artikel kita di hasil pencarian Google.
Di menu ini, kita bisa cek url website atau artikel dan melihat kondisinya. Hal yang bisa kita lakukan di menu ini;
- Meng-index artikel baru.
- Reindex/index ulang artikel lama yang baru di update.
- Melihat status artikel, apakah mobile friendly atau tidak.
- Cek canocical url
- dll
lalu ada Coverage
Berguna untuk mengetahui error yg terjadi di blog dan perbaikan yg harus dilakukan. Misalnya masalah crawling dan pengindeksan halaman tertentu.
Sitemaps
Peta situs membantu bot Google mengenali konten dalam blog kita. Menggunakan sitempas yg benar juga akan membantu halaman atau artikel yg ada di blog dapat terindeks dengan baik di mesin pencari.
ini ya tampilannya
Bagian ini jangan sampai kelewatan, karena kalau kelewatan kemungkinan besar crawl atau terdeteksinya di google /akan lamban sangat
Dengan adanya sitemaps ini juga akhirnya tanpa menggunakan fitur url inspect tadi sudah bisa terindex otomatis meskipun jedanya bisa berhari-hari
Tipe kedua sitemap...
sama saja kok
lalu
Mobile usability
Blog yg mobile friendly sangat disenangi oleh Google. Kita bisa mengetahui halaman mana yg mana saja di blog kita yg sudah/belum mobile friendly.
ini bisa dilihat page / artikel mana saja yang perlu dioptimasi agar mobile friendly
Manual actions
Ini semacam alarm kalo blog kita dianggap terlalu spamming oleh Google. Ini jauh lebih bahaya dari spam score punya Moz. Yaiyalah, punya Google langsung!
Jangan sampai ada eror.. kalau eror segera atasi
Yang sering terjadi, mungkin sebagian sudah bisa mengatasinya adalah Breadcrumb
Ini harus diselesaikan dengan banyak cara, tutorialnya juga bejibun di gogle.
Tinggal action saja sebenarnya. Kita mau atau tidak, kita siap atau tidak
Karena GSC ini kaitannya dengan indexing google maka ada beberapa cara unik yang bisa kita manfaatkan dengan menggunakan GSC ini
Agar artikel Cepat Artikel Terindex Google, hanya dalam waktu beberapa menit dan jam biasanya sudah terindex
Caranya mudah kok. Gunakan fitur Inspeksi URL.
fiturnya itu...
Tinggal tulis saja lengkap url yang mau segera keindex, tapi ini sistemnya kayak kita memaksa google untuk segera melakukan indexing lho ya....
Hanya disarankan apabila client minta indexing cepat atau jika ingin mengecek trouble di artikl tersebut
Selanjutnya tinggal klik menu Request Indexing / Minta Pengindeksan, tunggu sampai selesai.
Biasanya artikel yang kita masukan kesini, terindex cukup cepat. Jika muncul error URL tidak bisa di index, silahkan cek setting robot txt. Biasanya masalahnya di sana.
Jika menggunakan wordpress, cek juga di menu setting > reading, pastikan menu Discourage search engines from indexing this site TIDAK di ceklis.
Melihat Keyword Yang Diranking Oleh Artikel
Melihat keyword yang diranking oleh artikel web kompetitor biasanya butuh tools lain seperti Ahrefs, Semrush, dll.
Tapi, jika ingin melihat keyword yang diranking oleh artikel di website milik kita sendiri, bisa gunakan fitur di GSC saja.
- Klik pada menu Kinerja
- Klik kolom Halaman
- Pilih dan klik artikel yang ingin dilihat keyword-keywordnya
- Selanjutnya, klik menu Kueri
Bisa untuk membangun Internal Link yang Powerfull
Data dari google search console juga bisa kita pakai buat mengatur internal link. Caranya adalah;
Pilih artikel yang memiliki backlink paling banyak/paling bagus,
Gunakan artikel tersebut sebagai tempat menyimpan internal link ke artikel lain yang mau kita naikan.
bisa jua untuk melihat keyword potensial
Caranya adalah dengan melihat keyword yang berada di halaman 1-2 hasil pencarian google, DAN memiliki jumlah impressi / total tayangan yang cukup besar.
Setting rentang tanggal ke 28 hari terakhir, atau 14 hari terakhir. Ini bebas sih sebetulnya mah, tergantung website masing-masing ntar.
Klik menu Posisi rata-rata agar muncul kolomnya.
Filter peringkat dari mulai peringkat 4 ke atas. Kenapa dari peringkat 4? karena biasanya peringkat 1 s/d 3 memiliki klik tertinggi. Kita targetkan keyword yang rankingnya lebih besar dari 3 aja.
contoh penulisan seperti di foto
- Klik pada menu Tayangan untuk mengurutkan dari tayangan/impresi terbesar ke terkecil.
- Pilih keyword dengan impresi lumayan banyak, dan ranking antara 4 s/d 20.
- Lihat di artikel mana keyword tersebut diranking, dengan cara klik pada keyword yang anda pilih tadi, lalu klik menu halaman.
Jika keywordnya bisa dijadikan satu artikel tersendiri tanpa duplikat konten, bikin aja. Lalu beri internal link dari artikel di point 6 di atas.
Jika artikelnya masih satu topik dengan artikel di point 6, tapi belum ada/belum dibahas secara detail, tambahkan konten lebih detail mengenai keyword tersebut disana.
Langkah selanjutnya, kita bisa beri juga internal link ke artikel yang baru dibikin/baru di update tersebut
Poin 6 yang dimaksud adalah kalimat lihat di artikel mana keyword blablabla
OK Selesai...
Sudah semua itu soal GSC. Ini lebih mudah daripada analisa Google Analytics
selanjutnya diskusi saja dah yaa :D
Belajar seputar GSC bikin mumet ya, apalagi secara online. Ini harus diulang berkali-kali dan langsung dicoba supaya bisa . Kalo kamu kebingungan, hubungi saja Ilham ya,
Salam Blogging
Milda Ini